0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Maret, TPA Mojorejo Produksi Gas Metan Untuk Warga Miskin

dok.timlo.net/nanang rahadian
Tempat pembuangan sampah (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Sukoharjo — Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari akan mengolah sampah menjadi gas metan. Diproyeksikan pada Bulan Maret nanti gas sudah bisa dimanfaatkan warga miskin di sekitar TPA.

“Saat ini kita sudah menyelsaikan Detail Enginering Desaign (DED) dan untuk proses produksi tinggal selangkah lagi karena dalam waktu dekat akan kami lakukan pengecekan dengan konsultan,” kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Persampahan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo, Sartono, Rabu (17/2).

Dari luas total TPA Mojorejo 3,2 Hektar, untuk sementara hanya satu hektar yang akan diproduksi menjadi gas metan. Gas metan ini nantinya bisa difungsikan menjadi tenaga pembangkit listrik yang akan dialirkan ke sekitar 40 rumah warga kurang mampu.

Trobosan ini sebagai salah satu solusi mengatasi permasalahan meningkatnya produksi sampah dari tahun ke tahun. Untuk tahun ini sudahmencapai 400 meter kubik per harinya, dengan perhitungan prosentase kenaikan mencapai lima sampai tujuh persen setiap tahunnya.

”Proyek ini sebagai salah satu pilot project dari BLH dan DPU didanai dari APBD 2016 Sukoharjo untuk mengatasi permasalahan sampah, kalau tidak dimanfaatkan menjadi gas metan dan diambil oleh pemulung, bisa overload,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge