0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

38 Rumah Warga Terancam Gerusan Sungai Bandung

Gerusan Sungai Bandung anak Sungai Serang ancam 38 rumah warga di Dusun Brangkal, Desa Bandung,Wonosegoro (timlo.net/nanin)

Boyolali — Erosi di Sungai Bandung kian memprihatinkan, setidaknya ada 35 rumah warga RT 03/RW 005 dan 3 KK di RT 02/RW 05 Dukuh Brangkal, Desa Bandung, Kecamatan Wonosegoro, terancam terkena dampaknya. Puluhan rumah tersebut berada di tepi Sungai Bandung yang merupakan anak Sungai Serang.

“Tiap hujan deras, warga selalu khawatir gerusan Sungai Bandung makin melebar,” kata Kepala Desa Bandung, Handoyo, Rabu (17/2).

Dijelaskan, aliran Sungai Bandung di kawasan Brangkal melintasi tanah yang membentuk tikungan. Posisi ini yang menyebabkan tanah di tikungan aliran sungai mudah terkikis. Kondisi ini sudah terjadi beberapa tahun dan sebelumnya sudah banyak warga yang pindah roman untuk menghindari potensi bencana. Sejak kurun waktu lima hingga tujuh tahun, mengerus 50 meter lahan warga dengan kedalaman jurang 15-an meter.

“Jadi setiap musim penghujan, tanahnya sedikit demi sedikit terkikis, sangat berbahaya tapi hingga kini belum ada penangganan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, menyebut BPBD sudah mempersiapkan beronjong untuk memperkuat talut atau tebing yang suatu saat bisa dipakai dalam kondisi darurat.

“Kita sudah siapkan bronjong untuk menahan sementara aliran air Sungai Bandung,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge