0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelaksana Proyek Tol Siap Beri Kompensasi Kepada Warga

timlo.net/nanin
Spanduk protes warga Ngargosari, Ampel, terkait aktivitas truk proyek jalan tol yang melintasi desa tersebut (timlo.net/nanin)

Boyolali — Keberatan warga Desa Ngargosari, Ampel, terkait truk proyek tol Semarang-Solo sektor Salatiga-Boyolali yang melintasi jalan kampung, mendapat respon dari pelaksaan proyek jalan tol. Pihak pelaksana proyek bakal memberikan kompensasi jika terjadi kerusakan fasilitas umum.

“Berapa besarannya, nanti kita sesuaikan dengan tingkat kerusakan jalan,” kata Kepala Pelaksana Proyek Tol untuk wilayah Ngargosari PT Adhi Karya, Parjito, Rabu (17/2).

Pihaknya sudah mendengar keberatan warga Desa Ngargosari terkait dampak aktivitas truk proyek yang memuat material. Namun, hal itu sudah dibahas dalam rapat bersama dengan Muspika Ampel saat melakukan sosialisasi. Dalam berita acara hasil pertemuan, pihak pelaksana proyek akan memperbaiki kerusakan jalan dan jembatan yang ditimbulkan oleh proyek tol.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, jalan dan fasilitas umum akan kita kembalikan seperti semula,” jelasnya.

Disamping itu, pihaknya juga mulai melakukan pendataan rumah warga yang berlokasi dekat dengan proyek tol. Pendataan dilakukan untuk memantau dampak kerusakan akibat proyek. PT Adhi Karya juga sudah memperkuat Jembatan Kali Pepe yang menghubungkan Dusun Gudang dan Dusun Tanjung. Selama ini, warga khawatir jembatan itu rusak dan ambruk karena sering dilewati truk atau dum truk.

“Sudah kita antisipasi apa yang menjadi kekhawatiran warga,” tambahnya.

Sebelumnya, warga Ngargosari melakukan protes atas aktivitas truk proyek tol yang melintasi jalan kampung mereka dengan memasang sejumlah spanduk. Spanduk bertuliskan Selamatkan Jalan dan Jembatanku dipasang di empat titik. Menurut Wakil Ketua Forum Peduli Ngargosari, Bakrie, warga selama ini tidak pernah diajak sosialisasi terkait pemanfaatan jalan desa.

“Tahu-tahu sudah dilintasi, kalau rusak siapa yang bertanggung jawab,” tandas Bakrie.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge