0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siaga Bencana, 400 Personel Polisi dan TNI Disiapkan

Pemeriksaan peralatan siaga bencana (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Menghadapi ancaman bencana tanah longsor dan banjir yang sering terjadi, sebanyak 400 lebih personel polisi dan TNI disiapkan. Mereka harus selalu siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana di sekitar lereng Lawu.

“Kita siapkan di titik-titik wilayah longsor dan banjir, seperti Tawangmangu, Jatiyoso, Ngargoyoso, Karangpandan, dan juga di Jaten dan Kebakkramat,” kata Kabag Ops Kompol Sony Suharna usai apel siaga bencana di Mapolres Karanganyar, Rabu (17/2).

Kompol Sony mengatakan, prediksinya bencana masih akan menjadi ancaman karena intensitas hujan yang masih akan turun di wilayah ini. Beberapa lokasi sudah tertimpa bencana dan terus dalam kondisi siaga karena dimungkinkan terjadi bencana susulan.

”Karena itulah kami siagakan, agar seluruh personel benar-benar siaga tanggap bencana,” katanya.

Selain personel, peralatan siaga bencana lengkap juga harus selalu siap. Peralatan itu seperti kendaraan backbond untuk evakuasi, perahu karet untuk pertolongan banjir, mesin pemotong kayu, tenda untuk perawatan darurat, dan lainnya.

“Semua peralatan harus siap, tidak ada yang boleh ngadat, seluruh peralatan dicek satu persatu. Jika ada yang kurang beres atau tidak berfungsi, harus segera dibetulkan,” katanya.

Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta instansi lain seperti Dinas Pekerjaan Umum, sehingga jika diperlukan bantuan peralatan bisa langsung didatangkan.

”Intinya, polisi, TNI dan BPBD siaga tanggap bencana, semuanya bergerak secara terpadu, untuk menanggulangi bencana. Mereka siap siaga di Polsek terdekat dan sewaktu-waktu diperlukan yang lain bergerak ke satu titik untuk memberikan bantuan,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge