0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diserang Wereng, Petani Sambirejo Terancam Gagal Panen

dok.timlo.net/agung widodo
Babinsa dan Mantri Tani Desa Sambirejo mengecek hama wereng (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Lahan sawah di Desa Sambirejo, Kecamatan Sambirejo, Sragen terancam hama wereng. Berdasarkan pengecekan sejumlah Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Sambirejo, terdeteksi adanya hama wereng di lahan seluas 4.000 meter.

”Di Sambirejo ini ini terindikasi hama wereng, sebaiknya warga mulai melakukan langkah antisipasi,” ungkap Babinsa Sambirejo, Koramil 08/Sambirejo, Serma Muhlisin, Rabu (17/2).

Dalam kegiatan pendampingan dan pengecekan adanya hama wereng tersebut, salah satunya ditemukan di lahan padi milik Sastro Taman, warga Dukuh Purworejo RT 7, Desa Sambirejo. Walau tidak menyeluruh, namun lahan seluas  sekitar 4.000 meterpersegi tersebut memang terdeteksi terserang hama wereng.

Dalam kesempatan itu jajaran Muspika Sambirejo menghimbau kepada petani agar mulai melakukan pembasmian terhadap hama wereng. Salah satu caranya dengan cara menyemprot tanaman padi di bagian batang tanaman padi menggunakan jenis obat bona, idobat atau insektisida.

“Langkah cepat memang perlu dilakukan. Jika tidak cepat dicegah akan mengurangi hasil panen padi bahkan bisa mengalami gagal panen,” jelas Serma Muhlisin.

Selain dari Babinsa, pengecekan itu juga diikuti Mantri Tani Kecamatan Sambirejo Budi Purwanto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge