0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penelitian Ungkap 4 Jenis Pasangan Dalam Hubungan Asmara

pernikahan.
Pernikahan. (Dok: Timlo.net/ Money.CNN.com.)

Timlo.net— Sebuah penelitian yang diadakan University of Illinois, Amerika Serikat (AS) menemukan adanya empat jenis pasangan dalam hubungan asmara. Mempelajari empat pola ini membuat kita bisa memprediksikan kelanggengan sebuah hubungan dengan mudah.

Peneliti Brian Ogolsky dari University of Illinois berkata ada empat jenis pasangan dalam hubungan asmara yaitu dramactic couple, conflict-ridden couple, socially involved couple dan partner-focused couple.

Kesimpulan ini setelah meneliti 376 pasangan yang berusia 20 tahunan. Selama 9 bulan, peneliti melacak komitmen yang dimiliki pasangan itu untuk menikah dan alasannya. Ogolsky meminta para peserta untuk menjelaskan alasan di balik tingkat komitmen mereka terhadap pasangan.

Dramatic couple adalah jenis pasangan yang mudah putus. Pasangan ini memiliki masa pasang surut yang banyak dan komitmen mereka berubah-ubah secara drastis. Mereka cenderung membuat keputusan berdasarkan kejadian buruk yang terjadi dalam hubungan atau hal-hal yang menghambat hubungan mereka. Kejadian buruk dan hambatan ini lama kelamaan akan membuat mereka putus.

Partner-focused couple adalah pasangan yang memiliki peluang tinggi untuk tetap bersama dan bahagia. Pasangan ini sangat terlibat dengan kehidupan satu sama lain dan saling bergantung. Mereka menggunakan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan mereka, baik atau buruk untuk membuat hubungan mereka semakin dekat dan komitmen mereka semakin dalam. Pasangan ini sangat berhati-hati dalam tindakan dan perkataan terutama dalam cara pendekatan mereka terhadap hubungan asmara mereka.

Conflict-ridden couple adalah pasangan yang komitmennya menurun setiap kali bertengkar. “Komitmen mereka mungkin turun tapi bukan berarti mereka akan putus,” kata Ogolsky.

Socially involved couple mirip dengan partner-focused couple, memiliki kepuasan yang tinggi dan stabilitas dalam hubungan mereka. Pasangan ini memiliki lingkungan sosial yang sama dan bergantung pada lingkungan sosial untuk membuat keputusan terkait dengan komitmen mereka terhadap pasangan.

Penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge