0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Longsor Jatiyoso, Pemkab Bangun Jembatan Darurat

dok.timlo.net/nanang rahadian
Longsor Jatiyoso (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Selain membuka akses jalan Desa Wonorejo dan Desa Beruk, Pemkab Karanganyar juga sedang membuka akses jalan dari Dusun Ngantirejo menuju Dusun Pengkok dan Pondok melalui Dusun Tasin. Pemkab akan membuat jembatan darurat di Dusun Tasin.

“Lokasinya tepat di bekas jembatan yang terkena longsor kali pertama,” kata Kepala UPT DPU Wilayah Selatan, Sugeng kepada wartawan.

Sugeng menjelaskan pekerjaan sudah dilakukan beberapa hari menggunakan excavator besar untuk mengeruk tanah bekas longsor. Pengerukan dilakukan untuk membuat jalur aliran tanah jika sewaktu-waktu terjadi longsor susulan.

“Ini sedang mengeruk tanah di bekas longsor. Bikin jalur aliran tanah longsor kalau ada longsor susulan,” jelas dia saat dihubungi, Selasa (16/2).

Sugeng memastikan lokasi itu aman apabila terjadi longsor susulan. Menurut dia, jalan maupun beton di sekitar pembangunan jembatan darurat masih kuat. Sugeng menjajal dengan menggetarkan alat berat pada jalan yang terputus.

“Sudah dicoba menggetarkan jalan di sekitar lokasi. Hasilnya tahan guncangan. Kami sudah prediksi kemungkinan terburuk termasuk longsor susulan. Semoga tidak mengganggu jembatan karena sudah dibuatkan jalur longsor,” ujar dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge