0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buka Isolasi 2 Desa, Pemkab Bangun Jalur Alternatif

dok.timlo.net/nanang rahadian
Longsor (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Untuk menghubungkan dua desa yang terisolasi akibat longsor, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan membuat jalur alternatif sepanjang 1,5 kilometer. Jalur tersebut menghubungkan dua desa, yakni Desa Wonorejo dengan Desa Beruk.

“Kita akan buka jalur melalui Dusun Puntuksari di Desa Wonorejo menuju Dusun Pengkok dan Pondok di Desa Beruk,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono, Rabu (17/2).

Bupati menjelaskan Pemkab akan memanfaatkan jalan setapak di antara perkebunan warga dan tanah Perum Perhutani. Rencananya, Pemkab memperlebar jalan setapak dari satu meter menjadi tiga meter.

“Posisi di Beruk dan Wonorejo rawan longsor. Kami ingin membuka isolasi. Kami memadatkan dan melebarkan jalan setapak menggunakan mini excavator,” kata Bupati.

Sementara itu Camat Jatiyoso, Sundoro Budi Karyanto, mengungkapkan komitmen Perum Perhutani memperbolehkan Pemkab menggunakan lahan untuk kepentingan masyarakat.

“Kalau Perhutani berkomitmen. Pak Bupati minta kepala desa pendekatan persuasi supaya warga mengikhlaskan tanah yang terkena pelebaran jalur. Sepertinya, hari ini mulai pekerjaan,” tutur dia.

Informasi lain menyebutkan pekerjaan itu akan mengenai dua dinding rumah warga di Dusun Pondok, Desa Beruk. Sundoro memastikan excavator tidak akan merusak rumah warga.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge