0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

HUT Solo, 20 Ribu Takir Jenang Dibagikan Gratis

dok.timlo.net/achmad khalik
Festival Jenang 2016 di Kawasan Ngarsopuro, Rabu (16/2). (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Ragam aneka masakan jenang tersaji dalam Festival Jenang 2016 di Kawasan Ngarsopuro, Rabu (16/2). Tak hanya jenang khas Solo semata, melainkan dari berbagai daerah seperti Aceh, Kalimantan, Kepulauan Riau hingga Papua juga turut menyemarakkan festival yang mengusung tema “Ragam Jenang Nusantara” tersebut.

“Jenang tak hanya dimiliki wong Solo saja, tapi diberbagai daerah juga memiliki. Dengan bentuk dan penyajian yang berbeda tentunya,” terang Ketua Dewan Pembina Yayasan Jenang Indonesia (YJI), Slamet Raharjo.

Dalam penyelenggaraan Festival Jenang, kata Slamet, pihaknya menyediakan 20 ribu takir jenang yang dapat dinikmati masyarakat secara gratis. Tak hanya itu, sebagai simbol perayaan Hari Ulang Tahun Kota Solo ke-271, pihaknya juga turut menghadirkan ragam jenang khas dari Kota Bengawan. Mulai dari Jenang Sum-sum, Jenang Mutiara, Jenang Grendul dan masih banyak yang lain.

“Ragam jenang khas Solo tidak ketinggalan kami hadirkan. Harapannya, masyarakat lebih mengenal makanan khas yang asli lahir di Kota Solo,” terangnya.

Sementara, Asisten Sekda Solo, Said Ramadhan mengatakan, jenang sebagai makanan khas yang lahir dari Kota Solo harus tetap membumi di tanah kelahirannya. Disamping itu juga, kreativitas dalam mengolah makanan tradisi ini diharapkan mampu menjadi peluang bisnis untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Solo.

“Jenang yang saat ini dikenal diharapkan mampu dikreasi sehingga memiliki nilai ekonomis tinggi,” katanya.

Pantauan di lapangan, Festival Jenang 2016 berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana, banyak menghadirkan kreasi serta ditambah kehadiran jenang dari daerah lain. Sebut saja seperti, Jenang Pedas (Kalimantan Barat), Jenang Papedak (Papua), Jenang Intan Pecah (Kepulauan Riau) dan masih banyak yang lain.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge