0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelantikan Walikota, F-PDIP Pakai Seragam Jas Lurik

Wakil Ketua F-PDIP DPRD Solo, Hartanti menunjukkan jas lurik yang akan dikenakan dalam pelantikan Walikota-Wakil Walikota (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Anggota FPDIP DPRD Solo yang hadir dalam pelantikan Walikota-Wakil Walikota Solo, di Simpang Lima Semarang, Rabu (17/2) mengenakan seragam jas lurik resmi. Nantinya jas lurik ini juga akan digunakan menjadi seragam resmi fraksi ketika menghadiri sebuah acara.

“Nanti seragam ini dipakai saat pelantikan Walikota-Wakil Walikota Solo. Dan selanjutnya menjadi seragam resmi anggota dewan dalam tiap kegiatan,” ujar Wakil Ketua Fraksi PDIP, Hartanti.

Dikatakan, jas lurik asli ini terbuat dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dipadu padankan dengan baju panjang hitam dan dasi merah. Sedangkan bagian bawah menggunakan celana kain formal dan sepatu sebagaimana biasa.

Motif lurik kerap digunakan walikota terpilih FX Hadi Rudyatmo sebagai salah satu identitas selama kampanye dalam ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) akhir tahun. Menurut Rudy kala itu, penggunaan lurik dapat merangsang pertumbuhan industri kecil tradisional di Solo. Selain itu ia juga menggunakan diksi lurik sebagai akronim kata lurus dan ikhlas dalam melayani masyarakat.

Dengan mengambil tujuan yang sama, Fraksi PDIP juga turut serta gagasan Rudy yang juga  sebagai Ketua DPC PDIP Solo itu. Kain lurik sepanjang 180 meter dengan lebar 70 cm dibeli dengan harga Rp 12.000 setiap meter dibagikan kepada 30 orang yang terdiri dari 23 orang anggota Fraksi PDIP dan sisanya untuk pengurus DPC PDIP Solo.

“Kita sifatnya gotong royong, nanti anggota fraksi potong gaji. Masing-masing enam meter, kecuali yang badanya gede bias delapan meter,” katanya.

Berdasarkan kabar yang beredar, Walikota FX Hadi Rudyatmo mewacanakan akan menjadikan lurik sebagai pakaian resmi pegawai negeri sipil (PNS) di kalangan Pemkot. Namun hal tersebut masih akan dikaji terlebih dahulu berdasarkan kebutuhan serta kepentingan pegawai Pemkot.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge