0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Enam Kecamatan Endemis DBD, Pemkab Gelar PSN Serentak

merdeka.com
Fogging nyamuk demam berdarah (merdeka.com)

Karanganyar — ‪Pemerintah Kabupaten Karanganyar kembali mencanangkan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) menyusul ditetapkannya enam Kecamatan wilayah setempat menjadi daerah endemis Demam Berdarah Dengue (DBD). Selain itu pencegahan perkembangan Nyamuk Demam Berdarah, Pemkab Karanganyar juga memberikan stimulani Abate kepada seluruh masyarakat.

“Kecamatan Karanganyar Kota, Gondangrejo, Tasikmadu, Colomadu, Jaten dan Kebakramat kita tetapkan sebagai daerah DBD,” kata Asisten 2 Bidang Pendidikan dan Kesra, Siti Maesaroh, Selasa (16/2).

Untuk mendukung gerakan PSN sekaligus pencegahan perkembangan nyamuk demam berdarah, Pemkab Karanganyar juga memberikan subsidi Abate kepada semua Kepala Keluarga. Diungkapkannya stimulan Abate nantinya akan disalurkan melalui Pemerintah Desa dan langsung di distribusikan ke tiap-tiap kepala Keluarga.

“Ini serentak di 17 kecamatan yang ada di kabupaten Karanganyar meskipun yang endemis hanya enam kecamatan,” katanya.

Siti Maesaroh menambahkan selain ke rumah-rumah warga, gerakan PSN juga akan menyasar ke sekolah-sekolah dan perkantoran, yang selama ini seringkali sering terlewati. Agar gerakan PSN berjalan dengan lancar, pihaknya telah membuat surat tembusan kepada semua instansi serta SKPD terkait.

“Sudah kita kirimkan surat yang merupakan himbauan dan permohonan dukungan untuk PSN di lingkungannya masing-masing,” jelasnya.

Diharapkan, dengan PSN secara serentak dapat menekan angka penderita DBD di Karanganyar. Selain itu PSN ini juga digarapkan mampu mengubah paradigma keliru masyarakat yang meyakini bahwa hanya dengan fogging semuanya akan beres.

“PSN lebih efektif daripada fogging yang hanya mematikan nyamuk dewasa,” terangnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge