0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinkop UMKM Solo Buka Seleksi Perajin Batik

timlo.net/achmad khalik
Kepala UMKM Koperasi Solo, Nur Haryani (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Solo bakal mengikutkan perajin batik Solo dalam pameran International Handicrfat Trade Fair (INACRAFT) di Jakarta, April mendatang. Untuk dapat diikutkan pameran, pelaku handricraft diminta mendaftarkan diri untuk kemudian diseleksi.

“Pendaftaran peserta dimulai 9 Februari sampai 20 Maret 2016. Peserta akan diseleksi oleh Tim Kurator atau Tim Seleksi Pameran,” kata Kepala Dinkop UMKM Solo, Nur Haryani saat jumpa pers dengan awak media, Selasa (16/2).

Nur menjelaskan dalam pameran INACRAFT itu, Dinkop UMKM akan memfasilitasi 10 stand dengan ukuran 3 x 3 m. Konsep pameran merupakan pameran terintegrasi dengan melibatkan perajin batik dari sektor hulu hingga hilir. Mulai dari perajin batik tulis, batik cap, pembuat canting, pembuat cap hingga ke perajin ikutannya seperti sandal batik, tas batik dan sejenisnya.

“Selama ini para perajin itu kurang mendapat perhatian. Sebelumnya, kami sudah lakukan pemetaan. Kurang lebih ada sekitar 700 usaha dengan berbagai skala,” ujar dia.

Nur menerangkan, pihaknya telah membentuk tim kurator yang akan melakukan seleksi berdasar beberapa kriteria. Tim kurator tersebut berasal dari pelaku bisnis serta pengurus asosiasi usaha.

“Kami memilih beberapa orang yang cukup kompeten,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge