0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

USAHID Targetkan Raih ISO 9001-2008

Rektor Usahid Surakarta, Prof Dr Ir Kohar Sulistyadi MSIE (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Universitas Sahid (Usahid) menargetkan bulan Meret mendatang bisa meraih ISO 9001: 2008 tentang Sistem Manajemen Mutu.

“Saat ini kami sedang proses mengajukan ISO 9001: 2008 tentang Sistem Manajemen Mutu,” ungkap Rektor Usahid Surakarta, Prof Dr Ir Kohar Sulistyadi MSIE kepada wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (16/2).

Kohar mengatakan, semua Program Studi (Prodi) di Usahid Surakarta sudah terakreditasi dari BAN PT. Namun perlu ditambah lagi dari akreditasi eksternal dengan ISO. Sejak awal bulan Januari kemarin Usahid mulai menyiapkan ISO. Dengan ISO ini diharapkan untuk standar kualitas bisa lebih baik.

Di tempat yang sama, Konsultan ISO Usahid Surakarta, Prof Dr -Ing L M F Purwanto mengemukakan, untuk memperoleh ISO 9001:2008 membutuhkan proses beberapa bulan. Diantaranya dengan melakukan pelatihan baik kepada dosen maupun karyawan untuk pemahaman tentang ISO itu sendiri.

“Ada sebanyak 12 dosen dan karyawan yang mengikuti pelatihan. Kalau lulus mengikuti pelatihan tersebut, maka bisa menjadi Internal Audit,” ungkapnya.

Setelah terbentuk tim internal audit, maka dilakukan internal audit untuk Usahid Surakarta. Hasil internal audit berupa dokumen-dokumen dikirim dan ketika ada temuan yang harus diperbaiki maka secepatkan akan diperbaiki.

Purwanto mengemukakan, proses ISO untuk Usahid ini tergolong cepat, hanya memakan waktu tiga bulan saja. Padahal biasanya waktu yang digunakan untuk proses ISO ini mencapai 4 hingga 5 bulan. Hal ini dikarenakan untuk Sumber Daya Manusia (SDM) di Usahid mau bekerja keras, serius bahkan sampai lembur untuk menyiapkan ISO ini.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge