0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

406 Eks Gafatar Masih di Asrama Haji Donohudan

dok.timlo.net/nanin
Pendataan ulang Eks Gafatar di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, beberapa waktu lalu (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sebanyak 276 warga eks Gafatar asal Provinsi Lampung, yang berada di penampungan Asrama Haji Donohudan, sudah dijemput Pemerintah Provinsi Lampung. Saat ini, masih tersisa 406 warga eks Gafatar di Asrama Haji.

“Mereka sudah dijemput, perjalanan darat dengan tujuh bus dan satu truk,” kata Kepala Sub Bidang Pemilu, Pendidikan, dan Budaya Politik Kesbangpolinmas Jawa Tengah, Haerudin, Selasa (16/2).

Sementara untuk warga eks Gafatar yang masih tinggal di penampungan, sebanyak 302 warga bakal dipulangkan ke Sumatera Utara dan 46 warga dipulangkan ke Yogyakarta. Sedangkan sisanya akan dipulangkan ke Papua, Sulawesi Selatan, Aceh, Jabar dan DKI.

“Kapan mereka akan dijemput dan dipulangkan, masih kita lakukan koordinasi,” tambahnya.

Terkait, meningkatnya jumlah warga eks Gafatar asal Sumatera Utara dan Yogyakarta, limpahan dari warga ber-KTP Kalimantan Barat,dimana jumlahnya mencapai 300an orang. Diakui Haerudin, Pemerintah Kalbar menolak menjemput warganya. Pemerintah Kalbar hanya bersedia menjemput warga asli Kalbar. Tapi setelah dilakukan verifikasi ulang, ternyata warga eks Gafatar yang ber-KTP Kalbar ternyata adalah pendatang.

“Dari luar tapi sudah ber-KTP dan berdomisili lama di Kalbar,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge