0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Abdul Chair Ramadhan Raih Gelar Doktor UNS ke-82

Abdul Chair Ramadhan (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —  Abdul Chair Ramadhan meraih gelar doktor UNS ke 182 atau doktor Program Ilmu Hukum ke 27 dengan predikat cumlaude, di ruang Sidang Senat UNS, Solo, Selasa (16/2). Abdul berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Membangun Politik Hukum Sistem Ketahanan Nasional Terhadap Ancaman Ekspansi Ideologi Transnasional Sya’ah Iran, di depan sidang penguji yang dipimpin Prof Drs Sutarno MSc PhD.

Dalam disertasinya, Abdul menyatakan, peraturan perundang-undangan di bidang pertahanan negara belum mampu mengantisipasi dan menanggulangi masuknya ideologi trasnnasional yang bertentangan dengan ideologi Pancasila dan UUD 1945.

“Hal ini disebabkan oleh pengaruh demokrasi pada masa reformasi yang berimbas pada pemisahan fungsi pertahanan dan keamanan,” jelas Abdul.

Menurutnya, pemisahan tersebut melahirkan perbedaan persepsi tentang jenis dan esklasi ancaman, antara TNI dan Polri, serta pola penanganannya. Lahirnya UU Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara juga belum mengatur tentang system pertahanan nir-militer.

Abdul mengatakan, kebijakan dan strategi pertahanan saat ini masih belum komprehensif karenan dilakukan secara parsial. Kondisi beragamnya fungsi intelejen yang tersebar dalam berbagai lembaga juga telah menimbulkan ketidak jelasan mekanisme koordinasi yang berdampak tidak akuratnya prediksi terhadap ancaman.

Di sisi lain, ancaman nir militer berupa ideologi transnasional yang berdimensi transendental sampai dengan saat ini belum diatur secara jelas dalam peraturan perundang-undangan di bidang pertahanan dan keamanan. “Hal inilah yang menyebabkan operasionalisasi fungsi pendeteksian dini sebagai bagian system kewaspadaan nasional tidak berjalan optimal,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge