0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Kecelakaan, Rel Bengkong Dipasangi Pelican Crossing

timlo.net/achmad khalik
Petugas gabungan dari Dishubkominfo Solo, PT KAI dan Satlantas Polresta Solo melakukan pemasangan pelican crossing di kawasan rel bengkong, Purwosari, Laweyan (timlo.net/achmad khalik)

Solo — Kawasan rel bengkong di Jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Kecamatan Laweyan dinilai sangat membahayakan pengendara kendaraan bermotor. Pasalnya, kawasan tersebut tidak terdapat palang pintu kereta api yang mengamankan perjalanan laju kereta.

“Dikhawatirkan menimbulkan kecelakaan, kami berinisitif memasang pelican crossing kereta di kawasan ini,” terang Kasi Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Ari Wibowo, Senin (15/2).

Sebelum dipasang pelican crossing, kata Ari, pengaturan dilakukan secara manual dengan mengibarkan bendera merah dan memasang rambu ke tengah jalan oleh petugas dari kereta api. Namun, seiring padatnya lalu lintas dan diprediksi meningkatnya unsur kecelakaan di kawasan tersebut maka pihaknya memasang peralatan yang kini dinilai lebih maksimal.

“Sebenarnya, pemasangan ini sudah diwacanakan sejak lama. Namun, realisasinya baru kali ini,” ujarnya.

Dalam pemasangan tersebut Dishubkominfo Solo juga melibatkan perwakilan dari PT Kereta Api serta Satlantas Polresta Solo. Rencananya, pengoperasian pelican crossing di kawasan tersebut akan diaktifkan oleh petugas dari kereta api saat kereta melintas.

Sementara itu, Wakasatlantas Polresta Solo, AKP Made Rai berharap masyarakat bisa mematuhi pelican crossing yang baru dipasang. Hal ini difungsikan untuk mengantisipasi kecelakaan dan mengamankan laju kereta api.

“Ini lebih efektif, selain ada lampu traffic light ada juga suara seperti diperlintasan kereta yang bisa didengar dari jauh. Masyarakat diharapkan bisa mematuhi dan sadar dengan rambu ini, kalau pengguna jalan mau diteruskan maka lawannya itu besi,” katanya mewakili Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Prayudha Widiatmoko.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge