0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ma’ruf Iranto Diganjar Dua Tahun Enam Bulan

dok.timlo.net/tarmuji
Ma'ruf Iranto (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Terdakwa kasus korupsi dana hibah KONI Wonogiri 2014 Ma’ruf Iranto, akhirnya divonis di Pengadilan Tipikor (PN) Semarang. Terdakwa diganjar pidana penjara dua tahun enam bulan dan denda sebesar Rp 50 juta subsider dua bulan.

“Ma’ruf Iranto terbukti bersalah melakukan tindak pidana dengan korupsi sebagaimana dalam dakwaan subsidair yakni pasal 3 jo pasal 18 UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU No 20 tahun 2001,” ungkap Kepala Kejaksaan Negeri Wonogiri Tri Ari Mulyanto melalui Kasi Pidsus Hafidz, Senin (15/2).

Dikatakan dia, dalam persidangan tersebut, PN Tipikor menyatakan terdakwa Ma’ruf Iranto tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana dalam dakwaan primer melanggar pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan UU No 20 tahun 2001.

Selain itu, majelis Hakim Tipikor juga menghukum Ma’ruf Iranto untuk membayar uang pengganti sebesar Rp 227.920.500. Jika tidak membayar uang pengganti paling lama satu bulan sesudah putusan pengadilan mempunyai kekuatan hukum tetap maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Dalam hal terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama tiga bulan penjara.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge