0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PUDAM Targetkan Tiga Embung Rampung Tahun Ini

PUDAM Boyolali kebut pengerjaan tiga embung, dua di Musuk dan Desa Jelok,Cepogo, sebagai persiapan menghadapi musim kemar (timlo.net/nanin)

Boyolali — Musim kemarau tahun ini, warga tidak perlu khawatir bakal kekurangan air bersih. Pasalnya, tiga embung yang dibangun tahun 2015 bakal dirampungkan tahun ini. Tiga embung tersebut berada di Musuk dua embung dan Desa Jelok, Cepogo.

“Pembangunan tiga embung saat ini masih berjalan, tahun ini target sudah selesai pembangunannya,” kata Pj Direktur PUDAM Boyolali, Cahyo Sumarso, Senin (15/2).

Dijelaskan, selain nanti bisa mensuplai air bagi ribuan pelanggan PUDAM, keberadaan tiga embung bakal mengurangi beban listrik pengambilan air di Umbul Tlatar. Diakui, untuk menaikkan air ke sambungan pelanggan ke rumah-rumah membutuhkan biaya listrik sangat besar. Namun dengan keberadaan embung, pihaknya tidak perlu lagi membutuhkan listrik banyak.

“Perbulan untuk listrik mencapai Rp 550 juta dan Rp 100 juta untuk BBM,” tambah Cahyo.

Sementara untuk tahun ini, PUDAM mendapat bantuan dari pemerintah pusat sebesar Rp 15 Milliar. Bantuan ini digunakan untuk mensubsidi sambungan baru program masyarakat berpenghasilan rendah.

“Nanti dengan adanya subsidi ini cukup membayar Rp 4 juta dari biaya total Rp 7 juta,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge