0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Offroader Kepung Klaten, Pj Bupati Promosikan Wisata

dok.timlo.net/humas pemkab klaten
Ratusan offroader memenuhi halaman kompleks perkantoran Pemkab Klaten (dok.timlo.net/humas pemkab klaten)

Klaten —  Ratusan offroader yang tergabung dalam Indonesia Offroad Expedition (IOX) Jogja-Bali 2016 singgah di Pendopo Pemkab Klaten, Senin (15/2). Mereka diterima langsung oleh Penjabat Bupati Klaten Jaka Sawaldi, Plt Sekda  Purwanto AC, dan Waka Polres Klaten Kompol Hendry Yulianto.

“Selama 16 hari (13-28/2), kami melakukan ekspedisi dari Yogyakarta menuju Pulau Bali. Tujuannya untuk mengenalkan seni budaya dan mengajak mencintai lingkungan, serta kampanya anti Narkoba,” kata Event Director IOX Jogja-Bali 2016, Sri Hascaryo, Senin (15/2).

Dijelaskan, ekspedisi tersebut telah memasuki tahun ke lima. Sebelumnya, sejak 2010 hingga 2015 dilakukan di Pulau Sumatra. Mulai tahun ini dilakukan di Pulau Jawa dan diperkirakan pada pelaksanaan tahun ke 10 mendatang sudah merata di seluruh daerah Indonesia.

“Pesertanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mengingat perjalanan yang cukup jauh, kita melakukan seleksi cukup ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Adapun rombongan terdiri dari 150 offroader, baik roda dua maupun roda empat, dengan jarak tempuh sekitar 1.500 kilometer,” jelas Hascaryo.

Sementara itu, Pj Bupati Klaten Jaka Sawaldi tak lupa mempromosikan destinasi wisata kabupaten berjargon bersinar ini kepada para offroader. Mulai dari obyek wisata alam, Gunung Merapi dan Rowo Jombor, hingga wisata religi makam Sunan Pandanaran Bayat.

“Kami juga memiliki potensi industri kerajinan tenun lurik dan kain batik yang tersebar di berbagai wilayah kecamatan, juga industri kerajinan keramik di daerah Kecamatan Bayat. Bahkan keramik di Bayat merupakan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan tehnik putaran miring dan telah mendapat bantuan tehnologi dari Jepang,” promo Jaka Sawaldi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge