0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jadi Tersangka KPK, Andi Tristianto Dipecat

dok.merdeka.com
(Ilustrasi) KPK tangkap tangan hakim yang terlibat suap (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Kasubdit Kasasi dan PK Mahkamah Agung (MA), Andi Tristianto Sutrisna (ATS), resmi dipecat. Pemecatan ini buntut operasi penangkapan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan menetapkan Andi sebagai tersangka terkait suap penundaan salinan putusan kasasi di MA.

“Dari segi kepegawaian pada hari ini dilakukan pemberhentian sementara sebagai pejabat Mahkamah Agung,” kata Juru Bicara Mahkamah Agung Suhadi, Senin (15/2).

Pemecatan Andi agar fokus menangani kasus hukum yang menjeratnya. Suhadi menjelaskan, Andi ditangkap KPK di rumahnya, Gading Serpong, Tangerang, akhir pekan lalu. Dari penangkapan itu, KPK mengamankan Rp 400 juta dalam paper bag.

Andi ditangkap terkait masalah putusan MA dengan perkara Nomor 1867 K/sus/2015. Perkara tersebut diputus pada 9 September 2015 dengan susunan Majelis Sidang yang diketuai Hakim Artidjo Alkoster.

MA seolah tak mau disalahkan atas peristiwa ini.

“Kalau masalah pengawasan sebenarnya sudah ketat, perbuatan orang di luar MA juga bisa dilakukan by phone dan sebagainya. Aturan SOP sudah ketat, bahwa perkara itu sudah sesuai waktu. Upaya ke depan akan lebih ketat, pengawasan dari manajemen perkara di MA,” ucapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge