0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Eks Gafatar Kalbar Dipulangkan ke Daerah Lain

merdeka.com
Gafatar (merdeka.com)

Boyolali — Setelah melalui proses pendataan ulang, sebanyak 681 eks Gafatar yang masih berada di penampungan Asrama Haji Donohudan, tidak akan dikembalikan ke Kalimantan Barat. Sesuai keinginan mereka sebelumnya, mereka berharap bisa kembali ke Ketapang, Kalimantan Barat, untuk mengolah kembali lahan pertanian mereka.

“Pasrah saja, mau gimana lagi, pengenya kembali ke Ketapang, mengolah lahan pertanian kembali,” ungkap Eks Gafatar asal Sumtera Utara yang sudah memiliki KTP Kalimantan Barat, Zaunudin, Minggu (14/2).

Keputusan tidak bakal dikembalikan eks Gafatar ke Kalbar, juga berlaku untuk 346 asal Kalimantan Barat. Pemprov Kalbar menolak menjemput mereka dikarenakan mereka bukan penduduk asli. Hanya saja, sudah lama tinggal di Kalimantan dan memiliki KTP Kalimantan. Nantinya mereka akan dipulangkan ke rumah kerabat atau saudara, menyusul sudah tidak adanya tempat tinggal di daerah asal.

“Semua eks-Gafatar di sini yang semula terdata sebagai Kalimantan Barat telah memilih dipulangkan ke daerah asal atau ke rumah saudaranya di luar Kalimantan,” kata Kepala Sub Bidang Pemilu, Pendidikan, dan Budaya Politik Kesbangpolinmas Jawa Tengah, Haerudin.

Sementara setelah eks Gafatar asal Kalimantan Barat dan sejumlah provinsi lain didata ulang sejak Rabu hingga Sabtu lalu, sebanyak 46 orang memilih dipulangkan ke DIY. Semula 176 orang ke Sumatera Utara, total menjadi 302 orang yang akan dipulangkan ke Sumut. Semula 109 orang ke Lampung, menjadi 275 orang yang akan dipulangkan ke Lampung dan 12 orang ke Jawa Tengah, yaitu Tegal 7 orang dan Rembang 5 orang.

“Hasil akhir pendataan, sudah tidak ada eks Gafatar yang terdata sebagai Kalimantan Barat,” tambah Haerudin.

Ditambahkan juga, saat ini pemerintah daerah yang dituju mulai mempersiapkan penjemputan ke Asrama Haji Donohudan. Proses penjemputan direncanakan pekan depan.

“Kemungkinan selasa sudah dilakukan penjemputan,” tandas Haerudin.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge