0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kantongi Ular, Warga Saudi Ditahan di Bandara Soetta

(Ular piton batik atau sanca kembang (lensaremaja.com))

Jakarta – Alzaidl Fand Marzouq R, seorang penumpang Etihad Airways yang akan terbang ke Abu Dhabi, Arab Saudi diamankan petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten semalam sekitar pukul 21.30 WIB. Penyebabnya, Alzaidl diduga menyelundupkan ular jenis Piton batik yang berasal dari Indonesia.

“Dia menyelundupkan ular dengan cara menyembunyikannya di dalam tas pinggang, ketika itu saat dipemeriksaan security check point satu, keberangkatan Terminal 2D,” ujar Yudis Tiawan, Manager Humas dan Protokoler Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (14/2).

Seekor ular piton yang masih berusia bayi dimasukkan ke dalam tas pinggang berwarna abu-abu, kemudian diamankan bersama dengan pelaku kepada petugas Karantina Hewan Bandara Soekarno-Hatta.

Petugas kini telah memeriksa dan mencatat identitas pria yang lahir pada 21 Agustus 1971 itu. Sedangkan penumpang tersebut kini gagal berangkat ke negaranya.

“Sebab ular tersebut merupakan ular yang memiliki kategori dilindungi,” ujar Yudis.

Wikipedia menyebutkan, piton batik atau sanca kembang  (Python reticulatus)  adalah sejenis ular dari suku Pythonidae yang berukuran besar dan memiliki ukuran tubuh terpanjang di antara ular lain. Ukuran terbesarnya dikatakan dapat melebihi 6,5 meter dan merupakan ular terpanjang di dunia

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge