0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga dan Aparat Bersihkan Lima Sungai di Klaten

Sejumlah warga masayarakat tengah membersihkan sampah di Kali Glogok dalam Gerakan Bersih Sungai Klaten (foto: Aditya)

Klaten – Memerangi sampah yang dibuang ke sungai, Pemkab Klaten menggelar aksi Gerakan Kali Bersih 2016, Sabtu (13/2). Aksi tersebut diawali dengan apel siaga di Alun-alun Klaten oleh ribuan orang dari unsur satuan kerja perangkat daerah (SKPD), relawan bencana, pelajar, TNI, Polri, dan warga masyarakat.

“Hari ini kita melaunching Gerakan Kali Bersih yang mengusung tema Gelar Bersih kaliku, Klatenku Bersih, Hijau, Sehat dan Bebas Banjir,” kata Plt Sekda Klaten, Purwanto Anggono Cipto, Sabtu (13/2).

Aksi massal resik-resik kali itu menyasar lima sungai yang membentang di Kota Klaten. Diantaranya, Kali Lunyu, Kali Glogok, Kali Jaliden, Kali Kacang Ijo dan Kali Jalidin. Tujuannya untuk menggugah kembali kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan sungai.

“Tentu saja melibatkan pejabat, agar tidak hanya mau dilayani, tetapi juga harus turun langsung ikut membersihkan. Kedepan, aksi ini akan diteruskan di tempat-tempat lain seperti sungai-sungai di kecamatan-kecamatan,” ujar Purwanto, yang juga Asisten Setda Bidang Ekonomi dan Pembangunan tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Klaten, Jaka Sawaldi. Selain Gerakan Kali Bersih, juga dilakukan aksi menanam 3000 bibit pohon asam jawa dan gayam. Pasalnya, salah satu penyebab meluapnya air sungai dan tanggul jebeol dikarenakan banyaknya sampah dan pendangkalan lumpur di sungai.

“Ini gerakan massal pertama kali. Meski sebelumnya juga sudah dimulai dengan upaya pembersihan sungai, namun kita tetap berusah keras untuk mengembalikan fungsi sungai. Harapannya masyarakat bisa sadar untuk tidak membuang sampah di sungai,” ungkap Jaka Sawaldi.

Editor : Ari Kristyono

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge