0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Skandal Korupsi, Eks Sekjen FIFA Dihukum 12 Tahun

Timlo.net – Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) FIFA, Jarome Valcke mendapat hukuman berat yakni larangan beraktivitas di dunia sepak bola. Tak tanggung-tanggung, Valcke dilarang berkecimpung di olahraga sepak bola hingga 12 tahun.

Valcke terseret dalam kasus skandal korupsi di federasi sepak bola tertinggi dunia (FIFA) saat masih menjadi berkecimpung. Valcke pun mengalami nasib serupa dengan Presiden FIFA Sepp Blatter dan Presiden UEFA Michel Platini lebih dulu diskors selama delapan tahun karena kasus korupsi.

Sky Sports melaporkan, Komite Etik independen yang dipimpin Hans-Joachim Eckert, membuktikan bahwa Valcke bersalah dalam sejumlah kasus. Valcke terbukti secara sengaja memberikan sebuah perusahaan marketing olahraga keuntungan yang tidak adil dari penjualan tiket Piala Dunia.

Valcke juga terbukti melakukan tindak korupsi karena melakukan perjalanan pribadi dan keluarganya dengan menggunakan biaya FIFA. Selain itu, Valcke terbukti melakukan percobaan untuk memberikan hak siar pada televisi dan media untuk Piala Dunia 2018, 2022 kepada pihak ketiga untuk bayaran yang jauh di bawah nilai pasar.

Tidak hanya itu, disebutkan pula Valcke turut secara sengaja mencoba untuk menghalangi investigasi dengan merusak barang bukti. Tidak hanya diganjar larangan beraktivitas, Valcke turut dijatuhi denda sekitar Rp 1,3 miliar.

“Valcke sebagai Sekretaris Jenderal FIFA telah melanggar pasal 13 (Aturan Perilaku Umum), pasal 15 (Loyalitas), pasal 16 (Kerahasiaan), pasal 18 (Tanggungjawab pengungkapkan, kerjasama, dan pelaporan), pasal 19 (Konflik Kepentingan), pasal 20 (Penawaran dan menerima hadiah dan keuntungan lainnya), dan pasal 41 (Kewajiban pihak-pihak untuk berkolaborasi) dari Kode Etik FIFA,” demikian pernyataan resmi FIFA.

“Konsekuensinya, Mr Valcke telah dihukum 12 tahun dari segala aktivitas yang berkaitan dengan sepakbola dan denda 100 ribu Swiss Franc”.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge