0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemo Berhasil, 18 Anak Survivor Kanker Diwisuda

Sebuah fragmen menceritakan berhasilnya kemo kanker dipentaskan di sela wisuda survivor kanker di RSUD Dr Moewardi Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Sebanyak 18 anak yang berhasil menjalani kemoterapi (survivor) kanker diwisuda di RSUD Dr Moewardi, Solo, Sabtu (13/2). Wisuda survivor kanker itu untuk menegaskan pesan kepada masyakat jika kanker bisa disembuhkan.

“Yang diwisuda sebenarnya ada 30 orang. Hanya yang datang 18 orang. Sisanya, 12 orang itu di luar Pulau Jawa, berhalangan hadir dan ada yang trauma dengan rumah sakit,” kata Ketua Panitia Wisuda Survivor Kanker, Megayani Santoso, usai acara.

Dijelaskan Mega, wisuda survivor kanker kali ini merupakan wisuda survivor kali ke-2. Sebelumnya, wisuda survivor kanker pertama dilakukan di tahun 2013. Sejak tahun 2013 hingga sekarang, jumlah anak penderita kanker di RSUD Dr Moewardi mencapai 100 anak lebih. Mayoritas didiagnosa menderita kanker darah (Leukimia), kanker tulang (Osteosarcoma) dan kanker mata (Retinablastoma).

Melalui wisuda survivor, Mega berharap masyarakat yang anaknya terkena kanker tidak putus asa. Dengan deteksi dini dan perawatan tepat, kanker pada anak bisa disembuhkan. Meskipun beberapa diantaranya ada yang tidak tertolong. Deteksi dini kanker juga menjadi kunci proses kemoterapi berjalan lebih cepat hingga kesembuhan.

“Deteksi dini kanker oleh orang tua itu penting. Ada anak yang datang ke rumah sakit kondisinya sudah buruk, sudah terjadi peradangan, infeksi atau mimisan. Itu sudah telat. Jadi sangat penting membawa anak lebih awal agar bisa terselamatkan,” ujar pegiat Chilhood Cancer Care ini.

Mega menambahkan, untuk membantu anak-anak penderita kanker lainnya yang masih menjalani kemoterapi, diwaktu tertentu, anak-anak survivor kanker ini diajak memberikan motivasi kepada anak penderita kanker.

“Kita sering menghadirkan anak-anak ini. Setelah selesai kemo, anak-anak survivor ini kan nggak berhenti. Masih cek laboratorium dan kontrol. Nah, di sela itu mereka itu kita undang main ke bangsal. Untuk memberi motivasi, ini lho teman-teman yang sudah selesai kemo. Kita berikan semangat baru ke teman-teman yang masih kemo,” beber dia.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge