0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditangkap KPK, Kasubdit di MA Diberhentikan

dok.merdeka.com
Ilustrsasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan salah satu Kasubdit Mahkamah Agung (MA) berinisial AS, Rabu (13/2) dini hari. AS ditangkap bersama dengan 5 orang lainnya yang diduga ikut terlibat dalam tindak pidana korupsi.

Mahkamah Agung (MA) menyatakan bakal mengeluarkan surat pemberhentian sementara untuk AS selaku Kasubdit Pranata Perdata. Surat pemberhentian akan dilayangkan, setelah KPK resmi menahan AS.

“Kita serahkan pada penegak hukum. Tetapi di MA, SOP-nya jika ada yang tertangkap dalam kondisi tangkap tangan dan dilanjutkan penahanan biasanya akan mengeluarkan surat keputusan MA pemberhentian sementara. Kalau bukan hakim, maka yang memberikan surat adalah sekretaris MA,” kata Kepala Humas MA Ridwan Mansyur saat dihubungi, Jakarta, Sabtu (13/2).

Ridwan mengatakan, AS merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menurut dia, AS telah mengabdi di lingkungan MA sejak 15 sampai 20 tahun.

“AS itu karyawan di Direktorat Pranata Perdata. Dia non hakim, sudah lama bekerja di MA,” pungkas dia.

Sebelumnya, KPK menangkap tangan 6 orang yang diduga melakukan tindak pidana korupsi. Keenamnya diamankan beserta barang bukti berupa uang yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

Informasi yang dihimpun, keenam orang itu adalah AS yang diduga menjabat sebagai salah satu Kasubdit di MA, seorang pengusaha dan seorang pengacara berinisial A. Kemudian, seorang staf berinisial S, dan seorang sopir berinisial S, serta B seorang petugas keamanan.

Selain keenam orang itu, tim satgas juga ikut mengamankan dua unit mobil. Dua mobil itu bermerek Toyota Camry berwarna perak dan Honda Mobilio berwarna putih.

Kedua mobil itu kini berada di parkiran basement KPK. Belum diketahui lebih jauh siapa pemilik mobil tersebut. Hanya saja, dari gambar yang didapat, plat nomor mobil itu ditutup dengan sebuah kertas. [ren]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge