0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ubah Waktu Ke Tanggal Ini Bisa Rusak iPhone Secara Permanen

Dok: Timlo.net/ GSM Arena.
iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. (Dok: Timlo.net/ GSM Arena.)

Timlo.net– Sebuah cacat software baru terdeteksi di iPhone yang bisa membuat smartphone itu rusak secara permanen. Para pengguna Reddit diperingatkan untuk tidak mengubah tanggal di iPhone ke tanggal 1 Januari 1970. Karena bila diganti ke tanggal ini, iPhone menjadi rusak dan tidak bisa direboot.

Bug atau cacat program ini mulai ramai diperbincangkan di Reddit, Kamis (11/2). Beberapa pengguna memakai iPhone mereka untuk bereksperimen untuk menguji jika memang pemberitahuan di atas benar.

Banyak pengguna mengaku setelah mengubah tanggal iPhone mereka ke 1 Januari 1970 dan mematikan ponsel, iPhone mereka hanya menampilkan layar putih dengan logo Apple. Setelah itu iPhone mereka tidak bisa direboot lagi.

Pengguna iPhone bernama Zach Straley mengupload video di YouTube yang membahas masalah ini.

Cacat program ini dikabarkan mempengaruhi produk iOS dengan prosesor 64-bit termasuk iPhone 5s, 6, 6 Plus, 6s dan 6s Plus, iPad Air 2, iPad Mini 3 dan 4, dan iPod Touch generasi keenam. Akan tetapi zona waktu juga mempengaruhi, dengan beberapa pengguna dari zona waktu timur mengaku jika mengubah waktu ke tanggal itu tidak mempengaruhi smartphone mereka.

Salah satu pengguna Reddit menyarankan jika iPhone menyimpan tanggal dalam zona waktu GMT, jadi dalam beberapa zona waktu mengubah tanggal iPhone ke 1 Januari 1970 akan membuat jam internal berubah menjadi di bawah nol.

Berusaha merestore iPhone lewat iTunes secara manual tidak berhasil. Satu-satunya cara untuk memperbaiki kerusakan adalah mengunjungi toko Apple lokal.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge