0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Percepat Ekonomi Indonesia Timur, Pindahkan Kantor Kementerian

Diskusi Projo (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Pemindahan sejumlah kantor pemerintah di sejumlah kawasan di Indonesia dirasa perlu. Hal ini, dilakukan guna memeratakan pembangunan yang menjadi program kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Wacana pemindahan kantor pemerintah ke Indonesia timur sangat bagus. Ini dapat merangsang investasi pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut,” kata Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof Dr Bambang Setiaji, saat menjadi pembicara diskusi “Pemerintahan Jokowi: Catatan, Peluang dan Tantangan” di Hotel Dana, Jumat (12/2).

Di Indonesia timur, kata Prof Bambang, aktivitas perekonomian yang masih berjalan lambat. Pasalnya, masih mengarah ke kawasan Ibukota. Padahal, Presiden memiliki cita-cita untuk mengembangkan kawasan Indonesia timur.

“Semisal, ada kantor kementerian di sana. Pasti seluruh pihak yang memiliki ketertarikan mau tidak mau akan ke sana pula. Lagipula, Indonesia timur itu seperti surganya Indonesia,” terang Prof Bambang.

Bambang tidak menyebutkan kementerian yang kantornya bisa dipindahkan dari ibu kota tersebut. Namun ia meyakinkan, hanya butuh dua atau tiga kantor kementerian saja yang direlokasi ke Indonesia timur, untuk mempercepat pemerataan pembangunan.

Diskusi tersebut digelar dalam rangka silaturahmi Ormas Projo se-eks Karesidenan Surakarta dan pelantikan pengurus DPC Projo dari Surakarta, Sragen, Boyolali, dan Sukoharjo. Selain Bambang, diskusi panel yang dimoderatori Ketua DPD Projo Jateng, Sugeng Setyadi, itu juga menghadirkan Ketua Umum DPP Projo Budi Arie Setiadi selaku pembicara.

Sementara itu, Gunawan Wirosaroyo selaku Dewan Penasihat Projo mengatakan, hasil diskusi tersebut akan disampaikan kepada Presiden Jokowi sebagai masukan.

“Projo sering memberikan masukan kepada Presiden, karena sesuai inti dari ormas Projo yakni partisipasi masyarakat,” tegas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge