0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikpora Jamin Tidak Ada Kecurangan dalam UNBK

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah Dinas Dikpora Kota Surakarta, Unggul Sudarmo (timlo.net/eko prasetyo)

Solo– Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Surakarta menjamin tidak akan terjadi kecurangan pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Sistemnya sudah dibuat secanggih mungkin sehingga terproteksi dengan baik,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah Dinas Dikpora Kota Surakarta, Unggul Sudarmo kepada wartawa, di sela-sela kegiatan Sosialisasi UNBK di SMKN 2 Surakarta, Jumat (12/2).

Menurut Unggul, selama dua hari yaitu Jumat (12/2) dan Sabtu (13/2), proktor utama dan teknisi utama dari masing-masing sekolah yang menggunakan UNBK dikumpulkan di SMKN 2 Surakarta untuk SMK, dan di SMA Batik 1 Surakarta untuk SMA serta di SMPN 1 Surakarta untuk SMP. Mereka akan mengikuti sosialisasi UNBK dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Saat sosialisasi berlangsung, semua permasalahan terkait UNBK diulas, misalnya kenapa singkronisasi gagal dan lain sebagainya,” jelasnya.

Dengan demikian, kata Unggul, antara proktor dan teknisi bisa sharing langsung dengan pemateri dari Puspendik dan Pustekkom, mengingat masing-masing sekolah kadang memiliki permasalahan yang berbeda-beda.

Melalui sosialisasi ini, lanjut Unggul, Pemerintah Pusat juga ingin memastikan server yang digunakan untuk mendownload soal UN benar-benar milik sekolah yang bersangkutan. Dengan kata lain, jika server tersebut dipindah, maka tidak bisa digunakan. Sehingga membuat UNBK tidak mungkin ada kebocoran.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge