0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Eks Gafatar Asal Sumut, Kosongkan Kolom Agama

merdeka.com
Gafatar (merdeka.com)

Boyolali — Sebanyak 20 keluarga eks Gafatar asal Sumatera Utara, mengkosongkan kolom pernyataan agama saat dilakukan pendataan ulang di Penampungan Asrama Haji Donohudan. Pendataan ulang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Sumatera Utara.

“Tidak ada yang mencantumkan agama resmi Indonesia, beberapa malah menuliskan Millah Abraham dalam kolom pertanyaan agama atau kepercayaan,” jelas sumber dari Kesbangpolinmas Jateng, yang enggan disebut namanya, Jumat (12/2).

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol dan Linmas Sumatera Utara, Achmad Firdausi Hutasuhut, yang melakukan pendataan ulang eks Gafatar asal Sumut di Asrama Haji Donohudan, tidak menyangkal hal itu.

“Tapi kami biarkan saja,” kata Achmad.

Pembiaran ini dilakukan agar pihaknya bisa menentukan langkah-langkah selanjutnya. Sementara untuk pendataan ulang eks-Gafatar, pihaknya lebih mengutamakan alamat lengkap dan nama keluarga yang akan mereka tuju di Sumatera Utara.

“Kita sudah himbau agar mereka tidak berbohong, percuma berbohong, karena nanti data akan dikroscek ke pemerintah kabupaten sampai tingkat bawah,” tambahnya.

Pendataan alamat lengkap tersebut bertujuan menjadi bekal bagi pemerintah daerah setempat untuk melakukan pendekatan. Selain juga untuk menghindari adanya eks Gafatar dari luar daerah yang tidak punya keluarga di Sumatera Utara ikut terangkut dalam proses pemulangan.

“Kalau sampai terangkut, mereka mau tinggal dimana, kan kasihan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge