0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jenang Daerah Meriahkan Festival Jenang Solo

Jumpa pers festival jenang (timlo.net/daryono)

Solo – Sebanyak 90 stand jenang bakal memeriahkan puncak Festival Jenang Solo 2016, Rabu (17/2). Tidak hanya jenang khas Solo dan aneka jenang kreasi, Festival Jenang kali ke-5 ini juga menampilkan beragam jenang dari berbagai daerah di Indonesia.

“Festival Jenang berlangsung 14-17 Februari. Puncaknya 17 Februari dimana 51 Lurah akan diarak dari koridor Ngarsopuro hingga ke Omah Sinten,” kata Ketua Festival Jenang, Mayor Haristanto saat jumpa pers dengan awak media, Jumat (12/2).

Mayor menyampaikan Festival Jenang tahun ini mengambil tema Ragam Jenang Nusantara. Karena itu, tidak kurang dari 15 daerah akan menampilkan jenang khas daerah masing-masing. Diantaranya Papua, Lampung, Padang, Kepulauan Riau, Banten, Jambi, Kalimantan Barat, Riau, Sumatera Selatan, Banyumas, Kalimantan Timur dan beberapa daerah lainnya. Adapula perwakilan dari luar negeri yakni Timor Leste.

“Para peserta daerah ini diwakili oleh komunitas mahasiswa atau pelajar daerah yang sedang studi di Solo,” ungkap dia.

Pada puncak Festival Jenang Rabu (17/2), sebanyak 90 stand bakal menyajikan jenang berbagai jenis dan rasa. Panitia mempersiapkan sekitar 20.000 takir untuk kemudian dibagi kepada masyarakat. Adapun dua hari sebelumnya, Festival Jenang diisi dengan berbagai kegiatan seperti demo memasak jenang dan bazar.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Jenang Indonesia, Slamet Raharjo mengungkapkan tema Ragam Jenang Nusantara diambil agar tidak hanya jenang Solo yang diangkat ke kancah nasional. Dengan ikut dalam Festival Jenang, jenang daerah lain diharapkan juga bisa menjadi kebanggaan nasional.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge