0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terlibat Korupsi, Kades Jeruk Diberhentikan Sementara

Kades Jeruk, Juminem dan Koordinator Badan Pemberdayaan Ekonomi Desa Jeruk, Puji Lestari saat diperiksa di kejari Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemkab Boyolali akhirnya memberhentikan sementara Kades Jeruk, Selo, Juminem (45), tersangka kasus korupsi dana PNPM yang saat ini sudah ditahan Kejaksaan Negeri Boyolali. Pemberhentian dari jabatan kades dimuli sejak Juminem ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Boyolali.

“Kita akan segera keluarkan SK pemberhentian sementara,” kata Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Boyolali, Arief Wardianta, Jumat (12/2).

Dasar pemberhentian sementara ini, menurut Arief, agar proses hukum berjalan lancar, selain itu juga agar pelayanan terhadap masyarakat Jeruk tidak terganggu. Sedangkan untuk penggantinya, nanti akan diambilkan dari PNS.

“Kalau nanti dia (Juminem) diputus bersalah, maka sanksinya adalah pemberhentian,” lanjutnya.

Namun selama diberhentikan sementara, Juminem tetap menerima gaji penghasilan tetap (Siltap) sebagai Kades. Hanya saja, besaran gaji tersebut tidak penuh, hanya sebesar 75 persen dari gaji Siltap.

“Sisanya yang 25 persennya lagi, menjadi hak penjabat Kades yang ditunjuk,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kades Jeruk, Juminem dan Koordinator Badan Pemberdayaan Ekonomi Desa Jeruk, Puji Lestari (31), akhirnya dijebloskan ke tahanan setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi dana PNPM oleh Polres Boyolali. Keduanya diduga menilep dana PNPM tahun 2011-2013 sebesar Rp 178 juta. Dana tersebut diduga ditilep oleh Juminem sebesar Rp 40 juta dan Puji Lestari sebesar Rp 138 juta.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge