0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BESDM Jateng Tarik Back Hoe di Desa Sumbung

timlo.net/nanin
BESDM Provinsi Jateng wilayah Surakarta sita dua back hoe di penambangan liar di Desa Sumbung, Cepogo ( istimewa) (timlo.net/nanin)

Boyolali — Dua buah back hoe yang berada di wilayah Desa Sumbung, Kecamatan Cepogo, akhirnya disita Balai Energi Sumberdaya Mineral (BESDM) Jateng. Dua alat berat tersebut diamankan karena aktivitas penampangan belum mengantongi ijin. Aktivitas penambangan tersebut berada di Dusun Sambirejo, Desa Sumbung.

“Dua buah back hoe dan sebuah chip kita amankan,” ungkap staf BESDM Jateng Wilayah Surakarta, Shokib, Jumat (12/2).

Sebelum dilakukan penyitaan, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan Satpol PP Boyolali. Setelah diketahui, aktivitas penambangan di dusun Sambirejo belum ada ijin, akhirnya dicapai kesepakatan untuk melakukan penyitaan.

Disisi lain, Pengawas BESDM Wilayah Surakarta, Subagyo, mengakui aktivitas penambangan di Lereng Gunung Merapi mulai marak. Ironisnya, aktivitas penambangan tersebut tidak berijin dan merugikan daerah serta merusak lingkungan. Untuk itu, perlu dilakukan tindakan tegas guna menghentikan aktivitas tambang liar.

“Sidak yang kita lakukan sering bocor, kemungkinan karena persatuan antar penambang kuat, maka butuh tim gabungan untuk melakukan penertiban,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge