0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

LPPM UNS Bimbing Teknis Pemkab Grobogan

timlo.net/eko prasetyo
LPPM UNS Bimbing Teknis Grobogan (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Pusat Penelitian Pedesaan dan Pengembangan Daerah (Puslitdesbangda) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerja sama dengan Sekretariat Daerah Kabupaten Grobogan dalam pembimbingan teknis penyusunan produk hukum daerah, di Pusdiklat UNS, Solo, Jumat (12/2).

“Diikuti sebanyak 100 orang berasal dari unsur pejabat atau staf yang menangani produk hukum daerah di masing-masing Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) se-Kabupaten Grobogan, dengan narasumber dari Fakultas Hukum UNS dan tim peneliti PUSLITDESBANGDA,” ungkap Staf Peneliti Puslitdesbangda LPPM UNS, Dr Sutopo, MS kepada wartawan.

Sutopo mengatakan, pembuatan suatu kebijakan daerah dalam bentuk produk hukum daerah bukanlah personalan yang mudah, karena disamping harus mampu menangkap aspirasi masyarakat, juga disyaratkan agar tidak bertentangan dengan peraturan perundang-perundangan yang lebih tinggi, kepentingan umum, dan tidak tumpang tindih dengan peraturan lain.

“Terwujudnya tertib peraturan perundang-ungdangan tersebut akan dapat dicapai apabila ditunjang oleh sumber daya aparatur yang memiliki kompetensi di bidang penyusunan peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Menurut Sutopo yang juga pengajar FISIP UNS, fenomena lainnya menunjukkan ketersediaan sumber daya aparatur yang mumpuni dan terampil dalam menyusun peraturan perundang-undangan sangat kurang. Baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Untuk itu, kata Sutopo, penyelenggaraan kegiatan bimbingan teknis memiliki arti penting dan strategis guna menyamakan persepsi. Serta meningkatkan koordinasi dalam penyusunan peraturan perundang-undangan.

“Melalui bimbingan teknik tersebut, diharapkan dapat mencetak tenaga penyusun atau perancang yang mampu merancang produk hukum daerah yang baik, benar, dan berkualitas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

KEMBALI KE ATAS badge