0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lapangan Matesih Dijadikan Pasar Darurat

Bupati Karanganyar Juliyatmono meninjau Pasar Nglano (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pemerintah Desa Matesih, Kecamatan Matesih menyetujui lapangan desanya dijadikan sebagai pasar darurat untuk pembangunan Pasar Matesih. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Karanganyar tengah menyusun rancangan untuk pembangunan pasar tersebut.

“Pemdes Matesih setuju lapangannya untuk pasar darurat. Sedangkan untuk pasar darurat Nglano, kami masih nego dengan Pemdes Ngijo,” kata Kepala Disperindagkop dan UMKM Larmanto, Jumat (12/2).

Pihaknya lantas menyusun rencana anggaran biaya (RAB) untuk pasar darurat Pasar Matesih dan Pasar Nglano. Rencananya, pasar darurat Pasar Matesih ditempatkan di Lapangan Desa Matesih, sedangkan pasar darurat Pasar Nglano ditempatkan di lapangan Desa Ngijo. Adapun desain pasar darurat tersebut nantinya disusun oleh dinas pekerjaan umum (DPU) setelah RAB selesai disusun.

”Bulan Februari ini mudah-mudahan RAB-nya sudah selesai. Setelah itu diserahkan ke DPU dan dilelangkan. Kemungkinan besar Maret sudah bisa dikerjakan,” imbuhnya.

Sembari menunggu penyusunan RAB, pihaknya mulai mensosialisasikan rencana pembangunan pasar ke para pedagang. Jumlah pedagang untuk Pasar Matesih sebanyak 1.350 pedagang. Sedangkan pasar Nglano 1.200 pedagang.

”Mayoritas pedagang menyetujui rencana itu. Pedagang menyambut baik karena pasarnya memang sudah rusak parah dan sering dikeluhkan pedagang sendiri,” imbuhnya.

Di sisi lain, pihaknya juga harus mendesain ulang pasar yang akan dibangun. Lantaran bantuan anggaran yang diterima dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah jauh lebih sedikit dibandingkan yang diusulkan. Anggaran untuk pembangunan dua pasar itu masing-masing Rp 10 miliar.

”Jalan ring pasar akan sedikit dirubah, Pasar Matesih gambar awalnya Tugu Joko Songo akan dibuka. Sehingga joko songo itu bisa dipandang dari barat. Itu supaya masyarakat tahu bahwa tempat itu monumen perjuangan Joko Songo,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge