0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

4 Cara Mendisiplin Anak Yang Bijaksana

dok.merdeka.com
ilustrasi (dok.merdeka.com)

Timlo.net— Untuk menanamkan kedisiplinan dan nilai-nilai yang baik tentunya merupakan tugas yang tidak mudah. Bagaimana caranya mendisiplin anak dengan bijaksana dan dengan cara yang menyenangkan?

1. Berikan penghargaan saat melakukan hal yang baik

Kapanpun anak Anda melakukan hal yang terbaik yang dia bisa, berikan penghargaan atau hadiah. Contohnya, jika dia rajin mengerjakan pekerjaan rumah, atau tidak nakal saat ditinggal pergi, maka berikan penghargaan atau hadiah. Hal ini bisa memotivasi dia untuk tetap disiplin.

2. Tentukan aturan-aturan dasar

Buatlah daftar dari perilaku buruk yang sering anak Anda lakukan dan buatlah hukuman untuk setiap perilaku buruk. Jadikan hal itu sebagai aturan, hal ini akan membuat anak lebih berhati-hati saat berperilaku. Tentunya Anda perlu menjelaskan kenapa-kenapa perilaku yang Anda daftarkan adalah perilaku yang buruk dan apa pengaruh negatifnya bagi si anak. Awasi dia secara berkala dan jalankan aturan dengan tegas.

3. Hukuman disesuaikan dengan besarnya kesalahan

Saat menentukan hukuman untuk perilaku anak yang buruk, penting untuk membuat perbedaan dalam bentuk pemberian hukuman. Semakin besar kesalahan sang anak, maka semakin berat hukuman yang akan diberikan. Hukuman tidak harus selalu bersikap fisik. Misalnya untuk kesalahan-kesalahan kecil kita bisa menghukumnya dengan tidak membelikan permen saat belanja, dll.

4. Buat jadwal rutin

Anak-anak akan lebih disiplin jika kegiatan mereka di rumah dan sekolah teratur. Ajak anak membuat jadwal kegiatan mereka sehari-hari mulai dari aktivitas belajar, kegiatan ekstrakulikuler hingga kegiatan bermain. Hal ini bisa membuat dia lebih disiplin.

Sumber: Times of India

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge