0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Longsor Susulan Terjadi di Desa Beruk, Jatiyoso

dok.timlo.net/nanang rahadian
Longsor susulan di Desa Beruk, Jatiyoso, Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Longsor susulan terjadi di Desa Beruk, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar. Longsor tersebut terjadi pada Kamis (12/2) malam, atau selang 24 jam dari longsor pertama yang terjadi rabu lalu. Akibatnya, selain menutup total akses ke Dusun Pondok dan Pengkok, material longsor juga menimbun alat berat yang didatangkan untuk membersihkan material pada longsor yang pertama.

“Longsoran semakin meluas dan semakin lebar dibandingkan sebelumnya, ketebalan tanah yang menutupi  mencapai 10 meter,” kata Kepala Desa Beruk, Sartono, Jumat (12/2).

Sartono menjelaskan akibat longsor susulan itu aktivitas masyarakat juga terganggu. Warga terpaksa tidak melakukan aktivitas luar rumah seperti bekerja dan juga menjual hasil pertanian mereka ke luar daerah. Tidak hanya itu  anak-anak juga tidak bisa berangkat ke sekolah akibat tidak adanya akses lain untuk keluar dari dua dusun tersebut.

Saat ini warga dikondisikan untuk tetap berada di zona aman di sekitar tempat tinggal masing-masing. Hal itu dilakukan mengingat ancaman longsor masih memungkinkan untuk terjadi di daerah tersebut. dengan berada di zona aman, jika longsor susulan kembali terjadi maka  korban jiwa dapat diminimalisasi.

“Dua susun itu dihuni sekitar 600 jiwa dari lebih dari 140 keluarga,” ucapnya

Tidak hanya itu menurutnya sekitar 200 keluarga yang berada di Dusun Jengglong  Desa Wonorejo dan Dusun Kabangan dan Desa Beruk dievakuasi ke lokasi yang lebih aman. Evakuasi itu dilakukan pada Kamis malam usai longsor susulan terjadi. Dua dusun yang warganya diungsikan itu berada tepat di bawah  Bukit Tasin yang mengalami longsor.

“Sementara waktu ini, masyarakat dibantu Petugas BPBD, TNI, Polri dan relawan mencoba membuka akses ke Dusun Pengkok dan Pondok yang masih terisolir,” ucapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge