0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Indonesia Minta WhatsApp Dan Facebook Hapus Emoji Gay

Dok: Timlo.net/ BBC.
Emoji gay di WhatsApp. (Dok: Timlo.net/ BBC.)

Timlo.net— Pemerintah Indonesia mendesak Facebook dan WhatsApp untuk menghapus emoji bertema gay atau homoseksual. Menurut pemberitaan, emoji dengan tema ini diperkenalkan dalam beberapa tahun terakhir. Serangkaian emoji itu menunjukkan pasangan sesama jenis dan keluarganya. Sebelumnya Indonesia meminta aplikasi Line menghapus emoji bertema gay, dan keinginan itu dipenuhi oleh Line.

Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail Cawidu berkata, “Tidak boleh ada sosial media yang menunjukkan hal-hal yang mendukung LGBT. Karena kami memiliki aturan kami sendiri, seperti nilai agama dan norma, yang harus mereka hormati.”

Langkah ini dikritik oleh beberapa kelompok hak asasi manusia. Mereka mengatakan langkah ini akan meningkatkan ketidaktoleran melawan kelompok LGBT (Lesbian Gay Bisexual and Trangender).

Ismail Hasani, kepala peneliti dari Setara Institute berkata kepada BBC: “Hal ini memberikan pesan kepada masyarakat jika LGBT adalah sesuatu yang harus ditentang, dan lalu masyarakat melalui berbagai organisasi akan melakukan perlawanan (terhadap LGBT).”

“Opini masyarakat di negara kami kebanyakan anti LGBT, tapi sangat disesalkan jika pemerintah mengikuti opini ini,” tambahnya.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge