0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sengketa Tower Telkomsel, Mediasi Berjalan Alot

timlo.net/tarmuji
Warga Lingkungan Menolak perpanjangan ijin tower Telkomsel (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Mediasi antara warga Lingkungan Jarum Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Sidoharjo dengan PT Telkomsel yang difasilitasi Pemkab Wonogiri dalam hal ini Dishubkominfo, belum menemukan titik temu. Kedua belah pihak ngotot dengan pendirian masing-masing.

“Kami mewakili warga radius lima sampai 10 meter. Mbok iyao Telkomsel punya hati dan belas kasihan. Kami sudah prihatin selama 10 tahun, kami berharap kontrak tower ini tidak diperpanjang lagi, namun jika berkenan bisa cari lokasi lain di luar pemukiman warga,” ungkap warga Lingkungan Jarum RT 1/RW 3 Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Sidoharjo, Sri Jumiati, Kamis (11/2).

Menurutnya, rasa was-was selalu membayangi warga sekitar tower tersebut. Bahkan, di saat musim hujan dan petir, rumah-rumah warga bergetar kencang. Senada diutarakan Basuki, warga setempat, warga sudah mengalami ketakutan.

“Memang kita akui, untuk memindahkan tower itu tidak semudah mencabut singkong, tapi kami mohon ada kejelasannya, soal waktu itu bisa dibicarakan nantinya,” katanya.

Sementara itu, pihak Telkomsel menegaskan, soal perijinan, saat ini tengah dalam proses dan sudah sesuai regulasi. Kesepakatan dengan pemilik tanah pun telah dituangkan dalam berita acara. Terkait pemindahan tower tidak bisa serta merta dilakukan. Mereka perlu kajian mendalam lagi. Dilihat dari sisi bisnis, terkait legalitas telah valid, bahkan menurutnya dapat diklarifikasi di dinas terkait.

“Ini soal titik koordinat, hanya sekitar radius 700 meter dari tower sebelumnya, sehingga kalau lebih dari jarak itu tidak bisa lagi. Sedang dampak lainnya sudah dikaji oleh lembaga independen dan dinyatakan aman,” kata perwakilan PT Telkomsel Semarang, Muh Maruf.

Dia menambahkan, radiasi paparan dari tower tersebut lebih kecil dibanding radiasi dari ponsel. Jika berdiri tower di tengah pemukiman, hal ini berkaitan erat dengan program pemerintah, dimana Telkomsel sebagai salah satu penyedia jasa internet untuk membuka jendela dunia bagi masyarakat.

“Jadi memang tower harus dekat dengan pemukiman. Terkait pemindahan tower, yang terang saat ini masih menjadi pemikiran kami,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge