0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Musim Banjir, Waspadai Empat Penyakit Ini

dok.timlo.net/heru murdhani
Warga bersihkan rumah dari kotoiran akibat banjir (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Banjir yang mulai melanda kawasan Solo berpotensi menimbulkan penyakit. Masyarakat diminta waspada terhadap penyakit yang berpotensi meningkat lantaran banjir.

“Empat penyakit yang biasanya muncul saat banjir datang adalah kulit, diare, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), dan leptospirosis. Untuk penyakit kulit dan diare, umumnya karena menyangkut kebersihan,” kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Efi S Pertiwi kepada wartawan, Kamis (11/2).

Menurut Efi, air banjir umumnya sangat kotor dan mengandung kuman penyakit. Jika kulit terkena air banjir dan kebersihannya tidak terjaga sangat mungkin akan timbul gatal-gatal. Begitu juga dengan diare. Ketika banjir, air yang dikonsumsi sangat mungkin tercemar. Dengan demikian, potensi diare sangat mungkin terjadi.

“Kalau memakai air gunakan yang benar benar bersih dan dimasak sampai mendidih. Sedangkan penyakit ISPA, diantaranya karena menyangkut ketahanan tubuh. Karena itu, perlu istirahat yang cukup,” ujar dia.

Adapun leptospirosis, jelas Efi, merupakan penyakit yang disebabkan air kencing tikus. Penyakit itu timbul akibat luka yang terbuka dan kemudian terkena air kencing tikus.

“Selain itu juga dapat disebabkan karena makan makanan yang terkontaminasi air seni tikus,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge