0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tergerus Banjir, Talut Kali Jenes Ambrol 20 Meter

(Ilustrasi) Talut ambrol (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Talut sepanjang 20 meter di Kampung Wonorejo RT 02/ RW 02 Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo ambrol, Kamis (11/2) petang. Ambrolnya talut ini disebabkan guyuran hujan terus menerus selama beberapa hari terakhir.

Pantauan Timlo.net, warga bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo bahu membahu menyingkirkan sisa-sisa tanaman bambu yang ikut terbawa gerusan Kali Jenes. Tak hanya itu, ratusan karung pasir akan dipasang untuk menanggulangi rusaknya talut lebih parah.

“Kejadiannya tadi kemarin petang, saat hujan deras turun,” terang warga setempat, Mulyono (49).

Mulyono mengaku, sebelum talut ambrol sejumlah tanaman bambu yang tumbuh di sepanjang aliran Kali Jenes itu telah rubuh. Hingga akhirnya, sungai yang bermuara di Bengawan Solo itu meluap dan mengakibatkan talut ambrol sepanjang 20 meter.

“Beberapa waktu lalu sudah ada tanda-tanda mau ambrol. Warga juga sudah ketar-ketir untuk lewat jalan ini,” terang Mulyono.

Sementara, Kasi Kedaruratan BPBD Solo, Dono Tumpo saat ditemui Timlo.net di lokasi kejadiwan mengatakan,pihaknya tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasi ambrolnya talut di aliran Kali Jenes. Pihaknya hanya dapat memberikan bantuan untuk membersihkan sisa bambu yang masih terendam di aliran sungai supaya laju air tidak terhambat.

“Kami tidak bisa berbuat banyak, hanya bisa menerjunkan tim dan membuat talut dengan karung pasir,” terang Dono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge