0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jaksa Agung Ingin Deponering Kasus Eks Pimpinan KPK

(merdeka.com)

Timlo.net – Jaksa Agung HM Prasetyo minta pertimbangan DPR untuk mendeponering (penghentian perkara-red) kasus yang menjerat mantan pimpinan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto dan Abraham Samad. Dia sudah melayangkan surat ke pimpinan DPR terkait hal tersebut.

“Mereka meminta pertimbangan pemberian deponering. Minggu depan kita akan panggil jaksa agung untuk urusan ini,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa, Kamis (11/2).

Desmond mengaku sudah mempersiapkan beberapa catatan untuk menjawab permintaan Prasetyo. Dia hanya mengingatkan Jaksa Agung, persyaratan utama yang harus terpenuhi untuk memberikan deponering adalah unsur demi kepentingan umum.

“Kami meminta Jaksa Agung harus bisa menjelaskan korelasi dan relevansi antara perkara Abraham Samad dan Bambang Widjojanto dengan unsur kepentingan umum,” tegasnya.

Selain itu Jaksa Agung juga diminta menjelaskan apakah pemberian deponering juga sudah mempertimbangkan saran dan pendapat dari badan kekuasaan negara yang mempunyai hubungan dengan masalah tersebut.

“Jaksa Agung RI tidak dapat kemudian melempar tanggung jawab penggunaan hak oportunitas kepada presiden RI. Karena pada hakekatnya presiden RI sudah terikat dengan sumpah jabatan untuk memenuhi kewajiban sebagai presiden,” ucapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge