0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pedaringan Diminta Kembangkan Usaha Ekspedisi

pedaringan-1
Pedaringan, Jebres, Solo @seputarjateng.com ()

Solo – Kawasan Pedaringan, Jebres, Solo dinilai kalangan DPRD memiliki nilai tambah lebih dibandingkan hanya sebagai kawasan pergudangan. Tingginya tingkat pengiriman barang dari satu tempat ketempat lainnya, justru memberikan peluang Perusahaan Pergudangan Kota (PPK) di Solo ini mengembangkan sayap dengan usaha ekspedisi.

“Akan lebih untung jika ditambah dengan jasa penyewaan transportasi semisal ekspedisi, ketimbang cuma digunakan sebagai gudang saja,” kata Anggota Komisi III DPRD Solo, Suharsono, Kamis (11/2).

Menurutnya, dengan lahan yang ada di Pedaringan saat ini pihaknya optimis dapat merintis usaha ekspedisi mulai dari bawah. Meski begitu, dibutuhkan kajian ekspektasi yang khusus memperdalam peluang usaha yang dapat meningkatkan PAD Kota Solo. Jika dalam kajian tersebut disimpulkan bahwa akan menguntungkan maka ia mendesak Pemkot untuk turut menyertakan modalnya, namun jika dirasa tidak akan menguntungkan maka Pedaringan hanya berjalan di tempat.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto mengatakan perusahaan daerah yang ada di Kota Solo tidak seluruhnya berhasil dan mandiri. Hanya beberapa yang mampu hidup melalui perputaran usaha yang dilakukan tersebut, selebihnya masih stagnan bahkan merugi.

Di sisi lain, kata Honda, Pemkot Solo memperhitungkan keuntungan yang didapat jika akan menanamkan modalnya ke sebuah perusahaan. Meskipun perusahaan tersebut adalah milik Pemkot namun kehati-hatian dalam menyertakan modal diperlukan karena menyangkut kepentingan masyarakat.

“Yang dipakai itu kan hakikatnya milik masyarakat, kalau rugi pasti akan merugikan masyarakat,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge