0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Longsor di Jatiyoso, 139 KK Terisolasi

Ilustrasi Tanah Longsor (merdeka.com)

Karanganyar – Bencana tanah longsor kembali melanda wilayah Karanganyar. Kali ini terjadi di Dusun Tasin, Beruk, Jatiyoso, Rabu (10/2) sore. Meski tidak ada korban jiwa namun material longsoran menutup akses masuk dan keluar menuju Dusun Pengkok dan Pondok, Desa Beruk. Akibatnya 139 KK terisolir karena tidak ada jalur alternatif lain.

“Informasi yang kami saat ini ada 139 keluarga yang terisolasi karena akses tertutup longsoran. Menurut laporan, tidak ada jalur alternatif yang bisa dilalui ke dua dusun ini,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho saat dihubungi, Rabu (10/2).

Nugroho menjelaskan lokasi longsor cukup jauh dari pemukiman warga namun akses jalan saat ini tertutup. BPBD Karanganyar dibantu relawan tengah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Pihaknya juga tengah memastikan adanya longsor susulan. Bila masih berpotensi terjadi longsor susulan, pembersihan longsoran akan dilakukan Kamis (11/2).

“Kita juga jaga-jaga untuk meminimalisasi korban. Jangan sampai justru relawan yang jadi korban,” jelasnya.

Nugroho menambahkan pembersihan longsoran di jalur menuju dua dusun akan dilakukan jika bila kondisi memang benar-benar aman. Tapi bila dinilai aman, tim gabungan akan membuat jalur darurat terlebih dulu. Tujuannya supaya sepeda motor dan pejalan kaki bisa lewat.

“Kami akan cek apakah memungkinkan untuk pembuatan jalur darurat. Kami libatkan semua pihak,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge