0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peringatan Hari Jadi Kota Solo Sekaligus Sambut Walikota Baru

dok.timlo.net/red
Pelaksana Tugas Sekda Pemkot Solo, Rahmat Sutomo (dok.timlo.net/red)

Solo —  Hari Jadi Kota Solo ke-271 yang diperingati setiap 17 Februari sedikit berbeda tahun ini lantaran bersamaan dengan pelantikan walikota dan wakil walikota Solo periode 2016-2021. Sejumlah acara perayaan Hari Jadi digelar sekaligus menyambut hadirnya Walikota dan Wakil Walikota baru.

“Jumat (19/2) dilakukan serah terima jabatan dari Penjabat Walikota kepada Walikota definitif. Kemudian malamnya digelar syukuran berupa pertunjukan wayang dengan lakon Werkudara Boyong. Dalangnya Ki Warseno Slank,” kata Pelaksana Tugas Sekda Pemkot Solo, Rahmat Sutomo kepada wartawan, Rabu (10/2).

Lakon Wekudara Boyong, terang Rahmat, dipilih sebagai gambaran kembalinya FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo sebagai Walikota dan Wakil Walikota. Lakon itu juga sebagai harapan agar Solo kedepan semakin mapan.

Rangkaian perayaan Hari Jad berlanjut pada Minggu (21/2) dengan digelarnya kirab boyong kedhaton. Kirab itu memperingati perpindahan Keraton Solo dari Kartasura pada tahun 1745 silam.

Disinggung adakah pesta rakyat, Rahmat mengatakan Pemkot Solo tidak menggelar pesta rakyat di Solo. Pesta rakyat dilakukan di Semarang bersamaan dengan pelantikan di Semarang. Karena itu, saat pelantikan, Pemkot akan membawa makanan-makanan khas ke Semarang seperti srabi, intip dan sebagainya.

“Pesta rakyatnya di Gubernuran. Solo bawa makanan khas sendiri,” ungkap dia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge