0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

5 Tips Merawat Ban Mobil

Ban mobil. (Dok: Timlo.net/ Michelinman.com)

Timlo.net– Roda mobil adalah salah satu bagian mobil yang memiliki kontak langsung dengan jalan. Oleh karena itu roda harus dalam kondisi yang baik supaya kita tetap selamat. Untuk menghindari masalah, ikuti beberapa tips penting berikut ini:

1. Periksa roda mobil

Kadang-kadang kita tidak tahu jika roda mobil kita rusak. Periksalah roda mobil Anda secara teratur untuk melihat jika ada kerusakan dan untuk menghindari masalah tiba-tiba. Mintalah tenaga profesional untuk memeriksa roda mobil Anda setiap tahun.

2. Periksa tekanan udara

Mengemudi dengan tekanan udara yang salah bisa mempengaruhi penanganan kendaraan dan pengereman, dan bisa secara serius mengancam keamanan Anda. Mengemudi dengan roda yang memiliki tekanan udara lebih rendah dari seharusnya bisa menyebabkan bagian roda mengalami panas berlebih dan akhirnya lebih cepat rusak. Periksalah tekanan udara setiap bulan dan sebelum melakukan perjalanan panjang.

3. Ikuti aturan tentang kapasitas mobil

Jangan melebihi aturan kapasitas mobil bila ingin roda kita awet. Jika kita membawa beban melebihi kapasitas yang dianjurkan dalam mobil kita, bisa terjadi panas berlebih di daerah roda yang mempercepat kerusakan roda.

4. Mengemudi dengan kecepatan tinggi percepatan kerusakan

Mengemudi dalam kecepatan tinggi membuat roda cepat rusak. Hal ini bisa dikarenakan panas berlebih atau kondisi jalan. Kecepatan tinggi bisa menyebabkan tekanan udara di roda berkurang dengan cepat atau terjadi ledakan roda yang tiba-tiba. Bila ini terjadi kendali mobil bisa hilang tiba-tiba.

5. Gunakan roda cadangan

Jika Anda melihat ada kerusakan pada roda, gantikan roda mobil dengan roda cadangan dan minta tenaga mekanis untuk mengecek roda yang rusak itu.

Sumber: Michelinman.com

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge