0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ormas dan LSM se-Klaten Ikuti Pembinaan

dok.timlo.net/gg
Kantor Bupati Klaten (dok.timlo.net/gg)

Klaten —¬†Ratusan peserta perwakilan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se-Kabupaten Klaten menerima pembinaan di Gedung Wanita Klaten, Rabu (10/2). Kegiatan yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dibuka Bupati Klaten yang diwakili Asisten Pemerintahan Setda Bambang Sigit Sinugraha.

“Ormas dan LSM merupakan mitra pemerintah dalam mewujudkan cita-cita bersama yang tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat,” kata Kepala Kantor Kesbangpol Klaten Hadi Saputra.

Ditambahkan, Ormas dan LSM memiliki peran konsultatif, advokatif, edukatif serta mempunyai fungsi penyalur aspirasi. Disamping itu juga sebagai pendinamisasi masyarakat, wadah menjalankan aktivitas dan sarana ikut membangun daerah serta fungsi kemitraan dan komunikasi sebagai mitra berbagai pihak dengan komponen lain.

“Tujuan kegiatan ini agar ikut mendukung dan berpartisipasi dalam pembangunan nasional dan daerah. Adanya hubungan yang signifikan antara Ormas dan pemerintah dalam membangunan struktur sosial, budaya dan hubungan antara masyarakat dan wilayah. Disamping itu juga untuk meningkatkan kapasitas anggota dan kelembagaan Ormas dan LSM dengan maksud mempererat kerjasama antar organisasi,” tambah Hadi.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Bambang Sigit Sinugraha mengatakan, Ormas dan LSM sebagai salah satu wadah partisipasi masyarakat dalam pembangunan merupakan mitra strategis pemerintah dalam menerapkan prinsip pemerintahan yang baik. Sehingga lembaga tersebut dituntut untuk dapat menjalankan peran dan fungsinya secara baik.

Kegiatan pembinaan diikuti perwakilan 100 Ormas dan LSM tersebut menghadirkan pemateri, di antaranya, Asisten Pemerintahan Setda Bambang Sigit Sinugraha tentang Pembinaan Ormas dan LSM untuk Peningkatan Peran dan Fungsinya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapermas) Herlambang Jaka Santosa tentang Dana Desa, ditambah dari Kejaksaan Negeri dan Kepala Kesbangpol Klaten.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge