0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hunian di Sekitar Ndalem Joyokusuman Bakal Dipindah

Ndalem Joyokusuman (timlo.net)

Solo — Revitalisasi Ndalem Joyokusuman tidak hanya menyasar bangunan utama. Revitalisasi kedepan juga menyasar penataan lingkungan di kompleks rumah yang kini resmi menjadi aset Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tersebut.

“Hunian di sekitar akan kita pindah. Sudah saya sampaikan ke Satpol PP untuk melakukan pendataan ke lapangan,” kata Penjabat (Pj) Walikota Solo, Budi Yulistianto kepada wartawan, Selasa (9/2).

Budi melanjutkan, nantinya hunian liar di sekitar Ndalem Joyokusuman itu akan diberi uang bongkar. Mengingat hunian di sekitar Ndalem Joyokusuman bukanlah hunian bersertifikat hak milik. Namun, Budi mengaku belum mengetahui berapa jumlah pasti hunian liar tersebut.

Penataan lingkungan Ndalem Joyokusuman, sambung Budi, untuk mengembalikan kondisi Ndalem Joyokusuman seperti awal. Setelah dikembalikan ke kondisi awal, rumah mantan Kepala Bulog Wijanarko Puspoyo itu akan dipergunakan untuk galeri seni budaya.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Agus Djoko Witiarso menyampaikan setelah kini resmi menjadi aset Pemkot, DTRK sedang merancang restorasi bangunan dan lingkungan Ndalem Joyokusuman.

“Penataan lingkungan dimulai dari Jl Veteran sampai ke kori Ndalem. Di depan kori itu kan ada hunian, nanti akan kita pindah,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge