0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tower Disoal Warga, Dishubkominfo Fasilitasi Mediasi

dok.timlo.net/tarmuji
Warga Dusun Jarum mengadu Pj Bupati Wonogiri Sarwa Pramana (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri —┬áHampir 10 tahun tower milik PT Telkomsel berdiri di Dusun Jarum, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri. Selama itu pula, keresahan warga tercipta. Demikian juga penolakan dari warga. Di sisi lain, pemerintah menyatakan jika tower tersebut sudah memenuhi kewajibannya.

“Terkait tower Telkomsel di Dusun Jarum, sudah tidak masalah di sisi perijinan, soalnya sesuai aturan baru, kita hanya menerbitkan IMB saja, sedang ijin gangguan atau HO sudah dihapus,” ungkap Kepala BPMPP Wonogiri, Eko Subagyo ,Selasa (9/2).

Menurutnya, setelah HO dihapus, kemudian Pemkab Wonogiri mengeluarkan Perbup tentang dokumen lingkungan dan ijin lingkungan. Sedang ijin lingkungan sendiri berlaku selamanya.

“Saat ini tinggal nunggu kajian UKL UPL dari Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Wonogiri,” katanya.

Kepala KLH Wonogiri Wahyu Widayato mengatakan, terkait tower Telkomsel yang disoal warga Sidoharjo sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan terkait kajian dampak sosial dari tower tersebut. Namun demikian pihaknya akan duduk bersama menyelesaikan masalah ini secepatnya.

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo Wonogiri Ismiyanto menandaskan, persoalan terkait tower Telkomsel tersebut bakal dibahas dalam rapat bersama dalam waktu dekat ini.

“Kita diperintahkan oleh Pak Pj Bupati untuk menindaklanjuti segera soal keluhan warga Sidoharjo ini, besok Kamis (11/2) akan kita gelar rapat yang melibatkan warga, dinas terkait, dan pihak Telkomsel di Pendopo Kecamatan Sidoharjo,” katanya.

Ismiyanto menambahkan, rapat nantinya akan mencari solusi terbaik antara kedua belah pihak. Dia juga mengakui, jika selama ini warga terpecah menjadi dua kubu, ada yang kontra dan pro. Namu ,pihaknya berjanji persoalan ini bakal clear and clean.

“Kemarin sempat mencuat penawaran warga soal lokasi pengganti pendirian tower. Nah itu juga akan kita kaji, soalnya menyangkut titik koordinat,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge