0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Joko Winarno Raih Doktor ke-180 UNS

Ujian doktor di UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Pengajar Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Joko Winarno meraih gelar Doktor Penyuluhan Pembangunan dalam Sidang Terbuka ujian doktor dengan predikat sangat memuaskan, di Ruang Senat UNS, Solo, Selasa (9/2).

Joko Winarno berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Model Pemberdayaan Petani Dalam Alih Teknologi Pertanian Organik (Studi Kasus pada Kelompok Tani Rukun Makaryo Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar)” di depan dewan penguji yang dipimpin Prof Ravik Karsidi, dengan nilai 3,89.

“Joko Winarno adalah doktor ke-180 yang diluluskan UNS dan doktor ke-17 dari Program Studi Penyuluhan Pembangunan,” jelas Prof Ravik.

Sementara itu, Joko menyatakan proposisi kondisi alih teknologi pertanian organik dan faktor-faktor yang menyebabkan petani sulit melaksanakan alih teknologi pertanian organik, misalnya di wilayah Desa Pereng sebagai salah satu lokasi penelitian, antara lain pengembangan pertanian organik di suatu daerah akan menjadi semakin baik, jika senantiasa didukung oleh penguatan jejaring petani kader, pilihan teknologi organik dan penerapan prinsip-prinsip kebutuhan kader dalam melaksanakan alih teknologi pertanian organik serta kelembagaan petani.

Selain itu keberhasilan pemberdayaan petani dalam alih teknologi pertanian organik di suatu daerah akan menjadi semakin baik, jika senantiasa dilaksanakan dengan pendekatan local wisdom yaitu prinsip rukun dan hormat dengan cara persuasif menerapkan prinsip-prinsip kebutuhan kader dalam melaksanakan alih teknologi pertanian organik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge